Kamis, 07 Mei 2015

Kesalahan Marketing Di Media Sosial Dan Solusinya

Kesalahan Marketing Di Media Sosial Dan Solusinya
Media sosial sangat efektif dalam melancarkan kampanye pemasaran. Sayangnya, seringkali media tersebut tidak dimanfaatkan secara tepat. Sehingga kondisi itu justru memperburuk bisnis, karena pelanggan bisa saja meninggalkan produk bisnis Anda. Apa saja kesalahan marketing  bisnis melalui media sosial, yang harus diperhatikan?


Tidak Mencantumkan Profil Bisnis Dengan Jelas

Sangat penting untuk mencantumkan profil bisnis yang jelas pada media sosial yang digunakan. Kalau tidak melakukan tindakan tersebut, bersiap kehilangan potensi bisnis. Anda bisa mencantumkan alamat fisik, alamat website atau toko online, sejarah perusahaan dan sebagainya. Solusinya, pastikan Anda mencantumkan segala hal berhubungan dengan bisnis Anda. Agar target pasar sangat percaya dengan produk bisnis yang Anda tawarkan.

Target Pasar Tidak Relevan

Sejumlah pebisnis online terkadang hanya mementingkan kuantitas teman atau pengikut saja. Sayangnya kualitasnya tidak sesuai dengan target pasar. Sehingga meskipun teman dan pengikutnya banyak, penjualan relatif sedikit bahkan hanya membuat waktu tanpa hasil keuntungan yang optimal. Solusinya adalah menjaring pertemanan yang lebih cocok untuk bisnis yang dikembangkan.

Mengabaikan Feedback Dari Pelanggan

Berbagai umpan balik atau feedback dari pelanggan dan calon konsumen sangat penting untuk ditanggapi dengan baik. Jadi setiap pertanyaan, saran, keluhan dan komentar harus direspons dengan cepat dan tepat. Kalau gagal dalam menciptakan hubungan baik di media sosial, citra bisnis Anda bisa saja meredup. Solusinya pastikan Anda mencermati semua tanggapan dari teman dan pengikut di medis sosial. Karena berbagai tanggapannya bisa memberikan perubahan signifikan bagi kemajuan bisnis Anda.

Tidak Memberikan Manfaat Lebih

Terkadang dalam melancarkan kampanye pemasaran terlalu monoton dan tidak menarik. Seakan semua orang sudah mengenal produk bisnis Anda dengan baik. Padahal konsumen perlu mendapatkan penjelasan lebih mendetail.  Termasuk tidak memiliki nilai lebih, seperti memberikan artikel atau konten bermanfaat bagi pembacanya.

Sebagai contoh manfaat tanaman bunga matahari, kalau misalnya Anda menawarkan produk sabun herbal dengan kandungan bunga matahari. Atau kalau memberikan gambaran penyebab penuaan dini dan memadukan khasiat bunga matahari untuk mengatasinya. Di akhir artikel, Anda bisa memberikan solusi berupa sabun herbal tersebut.

Apa solusi permasalahan tersebut? Sangat penting untuk menciptakan komunitas di media sosial dengan membuat konten atau artikel menarik yang relevan dengan bisnis yang Anda kembangkan. Sehingga Anda bisa sekaligus menjalin interaksi dengan teman dan pengikut dalam jangka panjang. Dua hal penting dalam membuat artikel tersebut adalah kreatif dan konsisten.

Artikel tersebut bisa diposting di website atau toko online dan sekaligus pada berbagai media sosial yang digunakan untuk kampanye bisnis, seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan sebagainya. Apabila Anda kerepotan dalam menulis artikel secara konsisten setiap hari, sangat disarankan untuk menggunakan jasa penulis artikel website atau blog.

Penyedia jasa yang sangat direkomendasikan pebisnis online adalah Penulis Konten Web. Artikelnya berkualitas, lolos plagiat dan bergaransi. Harga artikel sangat bersaing dan bisa dibandingkan dengan penyedia jasa penulisan konten website lainnya. Enaknya lagi, Anda juga bisa mendapatkan bonus artikel untuk pemesanan jumlah tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar